Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Spam Menurun, Money Muling Marak - Tren Keamanan 2010

Spam
2010 menandakan tahun pertama penurunan jumlah spam di dalam sejarah Internet.
Meskipun demikian, di tahun 2010 terlihat peningkatan jumlah spam di negara tempat koneksi broadband menyebar, termasuk Perancis, Jerman, dan Inggris. Di Inggris, sebagai contoh, volume spam meningkat 99 persen dari tahun 2009 ke 2010.
Berita baiknya adalah di Brazil, Cina dan Turki – negara-negara dengan angka spam tertinggi – menunjukkan penurunan volume spam yang signifikan di tahun 2010, khususnya untuk volume spam di Turki yang menurun 87 persen.
Penurunan ini merupakan hasil dari penutupan beberapa botnet high-profile seperti Waledac dan Pushdo/Catwail, yang terwujud berkat peneliti Thorsten Holz dan pembatasan yang dilakukan para ISP terhadap email-email berbahaya dari jaringan broadband.
Penyalahgunaan Kepercayaan
Kebanyakan pelaku kejahatan cyber tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada kecenderungan manusia untuk salah memberikan kepercayaan.
Laporan Keamanan Tahunan Cisco mencatat tujuh ‘kelemahan fatal’ yang dieksploitasi oleh pelaku kejahatan cyber melalui penipuan rekayasa sosial – entah dalam bentuk email, chatting jejaring sosial atau panggilan telepon.
Tujuh kelemahan fatal tersebut adalah daya tarik seksual, keserakahan, keangkuhan, kepercayaan, kemalasan, iba dan urgensi. 
2010 Cisco Cybercrime Showcase
Cisco Cybercrime Showcase tahun kedua ini memberikan dua penghargaan di tahun 2010 – satu penghargaan untuk mengakui kontribusi yang luar biasa atas seorang professional keamanan dalam melawan kejahatan cyber (“Good” Thorsten Holz, Ruhr-University Bochum, Germany/LastLine), dan lainnya adalah untuk malware yang paling berbahaya (“Evil”, Stuxnet).

Sumber :  Infokomputer.com

0 comments: