Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Facebook Memiliki 30.000 Server

Facebook Server (datacenterknowledge.com)

Berapa banyak server yang Facebook miliki? Sampai dengan sekarang, jawabannya masih “lebih dari 10.000 server,” jumlah pada April 2008. Facebook terus menggunakan jumlah tersebut tatkala pengguna Facebook melonjak melewati 300 juta dan Facebook memperluas ruang datacenternya.
Sekarang kita memiliki updatenya: Facebook telah memiliki 30.000 server yang mensupport operasionalnya. Angka tersebut berasal dari Vice President of Technology Facebook, Jeff Rothschild, yang membahasa tentang infrastruktur perusahaan dalam sebuah presentasi minggu lalu di UC San Diego
Rothschild mengatakan pada saat sesi tanya jawab bahwa “Hari ini kita memiliki 30.000 server”. Menambahkan bahwa jumlah server “akan berbeda hari ini dengan kemarin” karena Facebook menambahkan kapasitas setiap hari.
Yang menempatkan Facebook di antara perusahaan-perusahaan Internet terbesar. Tetapi masih jauh di belakang penyedia hosting seperti Rackspace, 1&1 dan OVH, yang mana masing-masing penyedia tersebut memiliki lebih dari 50.000 server di data center mereka.
20.000 Server dalam 18 Bulan
Ini juga menunjukkan bahwa Facebook telah menambahkan sekitar 20.000 server sejak awal 2008, yang menjelaskan mengapa Facebook meminjam 100 juta dollar di bulan Mei 2008 untuk mendanai pembelian server.
Rothschild juga berbagi dengan penyimpananan foto Facebook, yang sekarang menyimpan 80 milyar gambar (20 milyar gambar, masing-masing dalam empat ukuran). Rothschild mengatakan bahwa tantangan yang sesungguhnya bukan pada penyimpanan, tetapi pada pengiriman. “Kami melayani di atas 600.000 foto tiap detik,” katanya.
25TB Log Data setiap harinya
Jumlah log data di Facebook mengejutkan. Rothschild mengatakan Facebook mengelola lebih dari 25 Tera Byte (TB) log data per harinya. Dia mengatakan bahwa sama dengan kira-kira 1000 kali jumlah surat yang diantarkan setiap harinya oleh layanan Pos Amerika (U.S. Postal Service) Wow :)
Rothschild juga membahas tentang efektivitas perusahaan. Facebook saat ini memiliki sekitar 230 insinyur (engineers), yang mengelola data untuk lebih dari 300 juta pengguna. Rothschild mengatakan bahwa perbandingan satu insinyur untuk 1 juta lebih pengguna aktif. Mungkin dengan perbandingan ini, makanya Facebook tidak menawarkan customer support :P
Jika dibandingkan dengan Google, masih lebih banyak Server Google karena telah mencapai ratusan ribu server.

Source : http://www.jimmyzakaria.com

0 comments: